Senin, 02 November 2015

little about Ponpes Al-Muayyad

Pondok pesanten Al-Muayyad merupakan pesantren Al-Qur’an yang bealamatkan di Jl. KH. Samanhudi No.64, Laweyan, Kota Surakarta. Jawa Tengah 57142 (0271) 714821. Pondok pesantren ini berdiri pada tahun 1930, pada awalnya hanya memiliki belasan santri pengikut, hingga sekarang  memiliki ribuan santri dari penjuru nuasantara yang ikut mengaji.
KH Abdul Mannan, KH Ahmad Shofawi dan Prof. KHR Moh Adnan merupakan sosok yang melatarbelakangi kelahiran Al-Muayyad. Al-Muayyad, yang berarti dikuatkan, diberikan oleh seorang ulama besar, mursyid Thariqah Naqsabandiyyah barnama KH M. Manshur. Beliau merupakan pendiri Pondok Pesantren Al-Manshur Popongan, Tegalganda, Wonosari, Klaten.
Pada awalnya Al-Muayyad merupakan sebuah nama masjid di komplek pondok, yang kemudian digunakan sebagai nama lembaga dan badan di lingkungan pondok. Pada tahun 1937, Kiai Umar Abdul Mannan menata dan melengkapi sistem kemadrasahan. Penataan ini mendukung sistem ngaji, pengajian dan pembelajaran Al-Quran.
Harapannya, Al-Muayyad adalah pondok pesantren yang dikuatkan atau didukung oleh kaum muslimin. Ketika sistem pendidikan pemerintah didorong ke masyarakat, Al-Muayyad ikut merintis pendidikan dengan sistem MTs dan SMP (1970), MA (1974), dan SMA (1992).  Yang semula Al-Muayyad merupakan pondok pesantren dengan corak tasawuf, pesantren dengan kegiatan utama latihan pengamalan syari’at Islam. Yang berfokus pada perilaku keagamaan.

Tanah Al-Muayyad seluas 3.500 m2 merupakan jariyah KH Ahmad Shofawi. Pesantren ini tidak hanya memiliki peran strategis dan mendorong dinamisasi di bidang sosial keagamaan dan pendidikan, tapi juga politik, kebudayaan, hingga ekonomi.

0 komentar:

Posting Komentar